Baby Hello Kitty"), auto;}

create name

Profesional Nurse

"Tidak ada satupun di dunia ini, yang bisa di dapat dengan mudah. Kerja keras dan doa adalah cara untuk mempermudahnya."

Sabtu, 06 April 2013

Perspektif dan Falsafah Keperawatan Jiwa, Keluarga dan Komunitas



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Falsafah adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai sebab-sebab, azas-azas, hukum,dan sebagainya daripada segala yang ada dalam alam semesta ataupun mengenai kebenaran dan arti adanya sesuatu (WJS Poerwadarminta. Falsafah keperawatan adalah pandangan dasar tentang hakikat manusia dan esensi keperawatan yang menjadikan kerangka dasar dalam praktik keperawatan.
Falsafah Keperawatan bertujuan mengarahkan kegiatan keperawatan yang dilakukan.. Keperawatan menganut pandangan holistik terhadap manusia yaitu kebutuhan manusia bio-psiko-sosial-spiritual. Kegiatan keperawatan dilakukan dengan pendekatan humanistik, dalam arti menghargai dan menghormati martabat manusia, memberi perhatian kepada klien serta, menjunjung tinggi keadilan bagi sesama manusia. Keperawatan bersifat universal dalam arti tidak membedakan atas ras, jenis kelamin, usia, warna kulit, etik, agama, aliran politik, dan status sosial ekonomi. Keperawatan adalaFalsafah keperawatan mengkaji penyebab dan hukum-hukum yang mendasari realitas, serta keingintahuan tentang gambaran sesuatu yang lebih berdasakan pada alasan logis daripada metoda empiris.
Falsafah keperawatan menurut Roy (Mc Quiston, 1995) :
Roy memiliki delapan falsafah, empat berdasarkan falsafah prinsip humanisme dan empat berdasarkan prinsip falsafah veritivity.
falsafah humanisme/ kemanusiaan “mengenali manusia dan sisi subyektif manusia dan pengalamannya sebagai pusat rasa ingin tahu dan rasa menghargai”. Falsafah yang melandasi keperawatan komunitas mengacu pada falsafah atau paradigma keperawatan secara umum yaitu manusia yang merupakan titik sentral dari setiap upaya pembangunan kesehatan yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan & bertolak dari pandangan ini disusunlah paradigma keperawatan komunitas yang terdiri 4 komponen dasar manusia, kesehatan, lingkungan, keperawatan.
Teori perspektif banyak perspektif teoritis pada keluarga yang tersedia untuk membimbing masyarakat praktik keperawatan keluarga dan komunitas. Tidak mengejutkan, model keperawatan bagi keluarga mencerminkan dua pemikiran dalam komunitas / keperawatan ( kesehatan) masyarakat hari ini. Beberapa pandangan mendukung bahwa keluarga adalah unit perawatan, dan masyarakat adalah konteks, sedangkan yang lain fokus pada komunitas sebagai klien dan melihat keluarga sebagai subunit. Zerwekh (1991) Model Keluarga sebagai pemberi perawatan merupakan Perawatan Kesehatan yang menguraikan kerangka kerja yang mendukung untuk menyediakan perawatan keluarga dalam sebuah masyarakat. Sedangkan Model kesehatan masyarakat sebagai fungsi yaitu memberikan panduan dalam penyediaan perawatan bagi keluarga dan pandangan keluarga sebagai klien dalam masyarakat dan keluarga sebagai bagian dari masyarakat  klien.

B.     Tujuan Penulisan
1.      Untuk dapat mengetahui apa itu perspektif dan falsafah keperawatan jiwa.
2.      Untuk dapat mengetahui apa itu perspektif dan falsafah keperawatan Keluarga
3.      Untuk dapat mengetahui apa itu perspektif dan falsafah keperawatan Komunitas
 
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Perspektif dan Falsafah Keperawatan Jiwa
1.      Falsafah Keperawatan Jiwa
Individu memiliki harkat dan martabat sehingga masing-masing individu perlu dihargai. Tujuan individu meliputi tumbuh,sehat,otonomi dan aktualisasi diri. Masing-masing individu tersebut berpotensi untuk berubah, karena kita tahu bahwa manusia adalah mahkluk holistik yang mempunyai kebutuhan dasar yang sama. Semua individu perilakunya bermakna, perilaku individu tersebut meliputi : persepsi,pikiran,perasaan dan tindakan.

2.      Pengertian Keperawatan Jiwa
Keperawatan jiwa merupakan proses interpersonal yang berupaya untuk meningkatkan dan mempertahankan fungsi yang terintegrasi. Keperawatan jiwa merupakan bidang spesialisasi praktik keperawatan yang menerapkan teori perilaku manusia sebagai ilmunya dan penggunaan diri sendiri secara terapeutik sebagai kiatnya (ANA).
Menurut Dorothy , Cecilia : keperawatan kesehatan jiwa merupakan “proses dimana perawat membantu individu atau kelompok dalam mengembangkan konsep diri yang positif , meningkatkan pola hubungan antar pribadi yang lebih harmonis serta agar lebih berproduktif di masyarakat.”
Menurut Stuart Sundeen : keperawatan mental adalah “ proses interpersonal dalam meningkatkan dan mempertahankan perilaku yang berpengaruh pada fungsi integrasi. Pasien tersebut bisa individu, keluarga,kelompok,organisasi atu masyarakat. Tiga area praktik keperawatan mental yaitu perawatan langsung , komunikasi , management.”

3.      Model-Model Keperawatan Jiwa
a.       Model Psikoanalisa
1)      Konsep
Merupakan model yang pertama yang dikemukakan oleh Sigmun Freud yang meyakini bahwa penyimpangan perilaku pada usia dewasa berhubungan pada perkembangan pada anak
2)      Proses terapi
a)      Memakan waktu yang lama
b)      Menggunakan tehnik asosiasi bebas dan analisa mimpi”
3)      Peran pasien dan terapis
a)      Pasien
b)      Terapis
b.      Model Interpersonal
1)      Konsep
Model ini diperkenalkan oleh Hary Stack Sullivan. Sebagai tambahan Peplau mengembangkan teori interpersonal keperawatan. Dalam proses interpersonal perawat klien memiliki 4 tahap :
a)      Orientasi
b)      Identivikasi
c)      Eksplorasi
d)     Resolusi
2)      Proses terapi
a)      Mengeksplorasi proses perkembangan
b)      mengoreksi pengalaman interpersonal
c)      reduksi 
d)     mengembangkan hubungan saling percaya
3)      peran pasien dengan terapis
a)      pasien : menceritakan ansietas dan perasaan
b)      terapis : menjalin hubungan akrab dengan pasien dengan menggunakan empati

c.       Model Eksistensi
1)      Konsep
Teori mengemukakan bahwa penyimpangan perilaku terjadi jika individu putus hubungan dengan dirinya dan lingkungannya.
2)      Proses terapi
a)      Rational emotive therapy
b)      Terapi logo
c)      Terapi realitas
3)      Peran pasien perawat
a)      Pasien : bertanggung jawab terhadap perilakunya dan berperan serta dalam suatu pengalaman berarti untuk mempelajari tentang dirinya yang sebenarnya
b)      Terapis :
·         Membantu pasien untuk mengenali diri
·         Mengklarifikasi realita dari suatu situasi
·         Mengenali pasien tentangperasaan tulus
·         Memperluas kesadaran diri pasien
d.      Model Komunikasi
1)      Konsep
Teori ini menyatakan bahwa gangguan perilaku terjadi apabila pesan tidak dikomunikasikan dengan jelas.
2)      Proses terapi
a)      Memberi umpan balik dan klarifikasi masalah
b)      Memberi penguatan untuk komunikasi yang efektif
c)      Memberi alternatif kolektif untuk komunikasi yang tidak efektif
d)     Melakukan analisa proses interaksi
3)      Peran pasien terapis
a)      Pasien : memperhatikan pola komunikasi , bermain peran,bekerja untuk mengklarifikasi komunikasinya sendiri , memvalidasi peran dari oarang lain.
b)      Terapis : menginterpretasikan pola komunikasi kepada pasien dan mengajarklan prinsip komunikasi yang baik.
e.       Model Keperawatan
1)      Konsep
Teori ini mempunyai pandangan bahwa askep berfokus pada respon individu terhadap masalah kesehatan yang actual dan potensial denagan model pendekatan berdasarkan teori sistem , teori perkembangan , teori interaksi , pendekatan holistik dan teori keperawatan. Fokus pada :
a)      Rentang sehat sakit
b)      Teori dasar keperawatan
c)      Tindakan keperawatan
d)     Hasil tindakan
2)      Proses terapi
a)      Proses keperawatan
b)      Terapi keperawatan : terapi modalitas
3)      Peran pasien dan terapis
a)      Pasien : mengemukakan masalah
b)      Terapis : memfasilitasi dan membantu menyelesaikan

B.     Perspektif dan Falsafah Keperawatan Keluarga
1.      Definisi
Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan dibidang kesehatan yang didasari ilmu dan kiat keperawatan ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat baik yang sakit maupun yang sehat sejak lahir sampai meninggal.
Perawatan kesehatan keluarga (family Health Nursing) adalah perawatan kesehatan masyarakat yang ditujukan atau dipusatkan kepada keluarga sebagai unit kesatuan dengan sehat sebagai tujuan dan melalui perawatan sebagai sasarannya. (Salvino, 2005)

 2.      Perspektif dan Falsafah Keperawatan Keluarga
Banyak perspektif teoritis pada keluarga yang tersedia untuk membimbingmasyarakat praktik keperawatan keluarga dan komunitas. Tidak mengejutkan, modelkeperawatan bagi keluarga mencerminkan dua pemikiran dalam komunitas /keperawatan ( kesehatan) masyarakat hari ini. Beberapa pandangan mendukungbahwa keluarga adalah unit perawatan, dan masyarakat adalah konteks, sedangkanyang lain fokus pada komunitas sebagai klien dan melihat keluarga sebagai subunit.Zerwekh (1991) Model Keluarga sebagai pemberi perawatan merupakan PerawatanKesehatan yang menguraikan kerangka kerja yang mendukung untuk menyediakanperawatan keluarga dalam sebuah masyarakat. Sedangkan Model kesehatanmasyarakat sebagai fungsi yaitu memberikan panduan dalam penyediaan perawatanbagi keluarga dan pandangan keluarga sebagai klien dalam masyarakat dan keluargasebagai bagian dari masyarakat klien.
Adapun paradigma keperawatan Keluarga meliputi :
a)      Manusia
1)      Manusia sebagai bio,psiko,sosio,spiritual dan kultur mempunyai sejumlah kebutuhan yang harus dipenuhi bila gagal terjadi ketidakseimbangan maka muncul masalah kesehatan.
2)      Komponen biologi manusia mencakup keadaan jasmani, terpadu dalam system organ yang mempunyai fungsi masing – masing yang mengalami proses tumbuh kembang.
3)      Komponen social manusia berhubungan alam lingkungan sekitar, berhubungan dengan masyarakat yang mempunyai system dan nilai-nilai tertentu yang dapat mempengaruhi tingkah laku.
4)      Komponen psikologis manusia mempunyai unsur kepribadian
5)      Komponen spiritual manusia memiliki keyakinan terhadap kepercayan Tuhan YME
6)      Komponen kultur manusia meliputi adat istiadat dari setiap daerah.
 
b)      Keluarga sebagai klien
Keluarga merupakan sekelompok individu yang berhubungan erat secara trus menerus dan terjadi interaksi satu sama lain, baik secara perorangan maupun secara bersama – sama, di dalam lingkungannya sendiri atau masyarakat secara keseluruhan.
Ada beberapa alasan yang menyebabkan keluarga merupakan salah satu focus pelayanan keperawatan yaitu :
1)      keluarga adalah unit utama dalam masyarakat dan merupakan lembaga menyangkut kehidupan masyarakat.
2)      keluarga sebagai suatu kelompok dapat menimbulkan, mencegah, memperbaiki atau mengabaikan masalah kesehatan dalam kelompoknya sendiri.
3)      masalah kesehatan dalam keluarga saling berkaitan penyakit pada salah satu anggota keluarga akan mempengaruhi seluruh keluarga tersebut.
4)      dalam merawat pasien sebagaiindividu, keluarga tetap berperan sebagai pengambil keputusan dalam perawatannya.
5)      keluarga merupakan perantara yang efektif dan mudah untuk berbagai usaha – usaha kesehatan masyarakat.
c.       Masyarakat sebagai klien
Masyarakat adalah suatu pranata yang terbentuk karena interaksi anatara anusia dan budaya dalam lingkungannya, bersifat dinamis dan terdiri dari individu, keluarga,kelompo dan komunitas yang mempunyai tujuan dan norma sebagai system niai. Konsep Holism Manusia adalah Suatu bentuk pendekatan yang digunakan perawat untuk memecahan masalah – masalah kesehatan dengan cara memerhatikan dan mempertimbangkan unsur – unsur biologis, psikologis, dan sosial
d.      Lingkungan
Lingkungan terdiri dari lingkungan eksternal dan internal, lingkungan internal (dalam) terdiri dari  :
1)     Lingkungan fisik (physical enviroment). Merupakan lingkungan dasar/alami yan gberhubungan dengan ventilasi dan udara.
2)     Lingkungan psikologi (psychologi enviroment). Nightingale melihat bahwa kondisi lingkungan yang negatif dapat menyebabkan stress fsiik dan berpengaruh buruk terhadap emosi pasien.
3)     Lingkungan sosial (social environment). Observasi dari lingkungan sosial terutama huhbungan yang spesifik, kumpulan data-data yang spesifik dihubungkan dengan keadaan penyakit, sangat penting untuk pencegahan penyakit
Sedangkan Lingkungan Eksternal (Luar) meliputi kultur, adat, struktur masyarakat, status sosial, udara, suara, pendidikan, pekerjaan dan sosial ekonomi budaya.

C.    Perspektif dan Falsafah Keperawatan Komunitas
Berdasarkan pada asumsi dasar dan keyakinan yang mendasar tersebut, maka dapat dikembangkan falsafah keperawatan komunitas sebagai landasan praktik keperawatan komunitas. Dalam falsafah keperawatan komunitas, keperawatan komunitas merupakan pelayanan yang memberikan perhatian terhadap pengaruh lingkungan (bio-psiko-sosio-kultural-spiritual) terhadap kesehatan komunitas dan membrikan prioritas pada strategi pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan.
Falsafah yang melandasi keperawatan komunitas mengacu kepada paradigma keperawatan yang terdiri dari 4 hal penting, yaitu: manusia, kesehatan, lingkungan dan keperawatan sehingga dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.      Pelayanan keperawatan kesehatan masyarakat adalah pekerjaan yang luhur dan manusiawi yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.
2.      Perawatan kesehatan masyarakat adalah suatu upaya berdasarkan kemanusiaan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bagi terwujudnya manusia yang sehat khususnya dan masyarakat yang sehat pada umumnya.
3.      Pelayanan perawatan kesehatan masyarakat harus terjangkau dan dapat diterima oleh semua orang dan merupakan bagian integral dari upaya kesehatan.
4.      Upaya preventif dan promotif merupakan upaya pokok tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif.
5.      Pelayanan keperawatan kesehatan masyarakat yang diberikan berlangsung secara berkesinambungan.
6.      Perawatan kesehatan masyarakat sebagai provider dan klien sebagai consumer pelayanan keperawatan dan kesehatan, menjamin suatu hubungan yang saling mendukung dan mempengaruhi perubahan dalam kebijaksanaan dan pelayanan kesehatan ke arah peningkatan status kesehatan masyarakat.
7.      Pengembangan tenaga keperawatan kesehatan masyarakat direncanakan secara berkesinambungan dan terus-menerus.
8.      Individu dalam suatu masyarakat ikut bertanggung jawab atas kesehatannya, ia harus ikut dalam upaya mendorong, mendidik dan berpartisipasi aktif dalam pelayanan kesehatan mereka sendiri.

a)      Manusia
Komunitas sebagai klien berarti B sekumpulan individu / klien  yang berada pada lokasi atau B batas geografi  tertentu yang memiliki  nilai-nilai, keyakinan dan minat  yang  relatif  sama serta adanya interaksi satu sama lain  untuk mencapai Tujuan. Komunitas merupakan sumber dan lingkungan bagi keluarga, komunitas, Komunitas sebagai klien yang dimaksud termasuk kelompok resiko tinggi antara lain: daerah terpencil, daerah rawan, daerah kumuh.
b)      Kesehatan
Sehat adalah suatu kondisi  terbebasnya  dari  gangguan pemenuhan kebutuhan dasar klien / komunitas.  Sehat merupakan  keseimbangan  yang  dinamis  sebagai dampak dari keberhasilan mengatasi stressor.
c)      Lingkungan
Semua factor internal dan eksternal  atau pengaruh disekitar klien yang bersifat biologis, psikologis, social, cultural dan spiritual.
d)     Keperawatan
Intervensi / tindakan yang bertujuan untuk  menekan  stressor, melalui  pencegahan primer, sekunder dan tersier.

 
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Teori perspektif banyak perspektif teoritis pada keluarga yang tersedia untuk membimbing masyarakat praktik keperawatan keluarga dan komunitas. Tidak mengejutkan, model keperawatan bagi keluarga mencerminkan dua pemikiran dalam komunitas / keperawatan ( kesehatan) masyarakat hari ini. Beberapa pandangan mendukung bahwa keluarga adalah unit perawatan, dan masyarakat adalah konteks.
Falsafah Keperawatan bertujuan mengarahkan kegiatan keperawatan yang dilakukan.. Keperawatan menganut pandangan holistik terhadap manusia yaitu kebutuhan manusia bio-psiko-sosial-spiritual. Kegiatan keperawatan dilakukan dengan pendekatan humanistik, dalam arti menghargai dan menghormati martabat manusia, memberi perhatian kepada klien serta, menjunjung tinggi keadilan bagi sesama manusia. Keperawatan bersifat universal dalam arti tidak membedakan atas ras, jenis kelamin, usia, warna kulit, etik, agama, aliran politik, dan status sosial ekonomi. Keperawatan adalaFalsafah keperawatan mengkaji penyebab dan hukum-hukum yang mendasari realitas, serta keingintahuan tentang gambaran sesuatu yang lebih berdasakan pada alasan logis daripada metoda empiris.


DAFTAR PUSTAKA
Departemen Kesehatan RI, 1992, Jakarta, Pedoman Kerja Perkesmas Jilid I
Departemen Kesehatan RI, 1993, Jakarta, Petunjuk Pengelolaan Perawatan Kesehatan Masyarakat.
Depkes RI, 1985, Jakarta, Tata Laksana Perawatan Kesehatan Masyarakat
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. “Visi Pembangunan Kesehatan: Indonesia Sehat 2010.” http://www.depkes.go.id/indonesiasehat.html
Sugeng Riyadi, S.Kep, Ns “KEPERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT” http://www.125.160.76.194/data/data-lenovo/data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar